Manusia bukanlah malaikat yang sempurna, manusia tidak pernah luput dari kesalahan sekecil apapun itu. Seringkali masalah sepele membuat kita gagal dalam menghasilkan sesuatu. Mungkin sebagian orang merasakan bahwa segala tindakan yang dilakukan oleh mereka adalah benar. Padahal yang menilai semua itu adalah orang-orang yang ada di sekitar kita.

Seperti halnya ketika memaparkan sebuah presentasi di hadapan audiens yang jumlahnya terbilang cukup banyak melebihi hitungan jari, kegagalan dalam presentasi tidak mungkin tidak terjadi. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang membuat presentasi gagal.

Isi cenderung berputar-putar dan tidak pada intinya. Ini adalah hal yang sangat tidak disenangi oleh audiens presentasi. Menurut mereka, materi presentasi yang disampaikan tanpa struktur yang tepat akan sulit dipahami. Tidak akan muncul ketertarikan dalam pikiran mereka terhadap presentasi yang dibawakan. Oleh karena itu, hindari penjelasan yang bertele-tele saat presentasi. Fokuslah pada inti yang harus disampaikan. Perhatikan juga waktu atau durasi presentasi sehingga lebih berhati-hati dalam menjelaskan keseluruhan materi presentasi.

Tidak memakai teknik bercerita. Kesalahan yang satu ini seringkali tidak diperhatikan oleh banyak presenter, sekalipun mereka adalah presenter profesional. Gunakan teknik bercerita yang tepat dalam menjelaskan sebuah presentasi. Konten cerita tersebut bisa berupa pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, maupun sebuah peristiwa yang dapat dijadikan contoh konkret untuk mendukung kebenaran materi presentasi. Dengan bercerita, audiens juga akan mudah menyerap informasi atau pesan yang disampaikan saat presentasi. Mungkin sebagian audiens akan menganggap bahwa teknik bercerita ini sangat membosankan dan membuat mereka mengantuk. Pada kenyataannya memang begitu tetapi pada sebagian lainnya tidak merasakan hal yang sama. Bahkan dengan bercerita, audiens presentasi dapat dengan mudah berimajinasi atau membayangkan sesuatu itu benar-benar terjadi. Sehingga membuat informasi tersalurkan dengan baik dan dapat diingat dalam jangka waktu yang lama di pikiran audiens.

Slide presentasi membosankan. Kesalahan terakhir berkaitan dengan penampilan slide presentasi. Memang benar, lebih baik mengedepankan materi presentasi dan penyampaian presentasi daripada harus memperbagus desain slide presentasi. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa desain slide presentasi akan menjadi pintu masuk utama dari perhatian audiens presentasi. Banyak pula audiens yang beranggapan bahwa desain slide presentasi yang bagus akan membangkitkan mood mereka dalam sekejap, walaupun materi presentasi cenderung kurang atau bahkan tidak penting untuk dijadikan pembahasan. Slide presentasi yang membosankan adalah salah satu masalah dari menurunnya minat audiens terhadap presentasi. Audiens tidak menyukai sesuatu yang biasa dan monoton, sekalipun teknik penyampaian presentasinya sangat mengesankan. Oleh karena itu, mulailah belajar untuk membuat slide presentasi yang tidak membosankan.

 

Itulah beberapa kesalahan yang membuat presentasi gagal ala Tokopresentasi. Kesalahan-kesalahan kecil dapat berpengaruh besar pada kesuksesan sebuah presentasi, lho! Jadi, jangan sampai lelah untuk menjadi lebih profesional demi presentasi yang sukses.

 

 

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0813 8823 9660

BBM: 5795FBDD