Bagaimana cara memasukan animasi di powerpoint?

Powerpoint merupakan software besutan microsoft yang bisa membantu kita dalam menyajikan presentasi. Yap benar, dapat diartikan fungsi utama ppt atau powerpoint adalah membuat slide presentasi yang berisi point-point informasi.

Ada apa saja fitur yang tersedia dalam powerpoint?

Banyak sekali, umumnya jika kita membuat presentasi, fitur yang digunakan untuk mempercantik slide antara lain:

  1. Shape dan Gambar

Shape dan gambar bisa kamu temukan pada ribbon insert, dengan menambahkan shape atau gambar, ataupun kombinasi antara keduanya, bisa sangat mungkin membuat presentasimu menjadi lebih menarik.

Lihat dan ikuti beberapa referensi pada channel youtube Tokopresentasi

Kamu juga bisa mencoba menampilkan gambar yang dipotong dengan shape tertentu sehingga terlihat keren tampilannya, ikuti tutorialnya di youtube atau coba ikut kelas soralearning dan belajar bareng teman-teman sora.

Ada berbagai cara menghias slide, cara lainnya yaitu

  1. Menambahkan efek transisi dan animasi

Apa itu transisi (transition)?

Transisi dalam powerpoint merupakan perpindahan dari saru slide ke slide berikutnya. Dalam perpindahan slide ini, kita bisa menambahkan sebuah effect. Efek yang bisa kita tambahkan cukup beragam, efek ini bisa kamu temukan pada ribbon transition.

Tipsnya, untuk membuat slide terlihat menarik dan professional, gunakan efek transisi yang tidak terlalu heboh, seperti fade, push, wipe. usahakan hanya gunakan 2 jenis efek saja pada keseluruhan slide presentasi.

Selain efek transisi, kita mengenal animasi.

Apa itu animasi?

mungkin yang pertama kali ada dibenak kamu ketika mendengar animasi adalah kartun atau gambar. tidak salah memang, namun dalam powerpoint animasi diartikan sebagai pergerakan objek. Objek disini dapat berupa gambar teks dll.

Jadi, yang ada di dalam slide, seperti teks dan gambar bisa kita gerakan atau animasikan. Animasi yang tersedia dalam powerpoint terdiri dari

  1. Entrance

ini merupakan efek animasi untuk awalan, bagaimana anda ingin memperlihatkan kemunculan objek pertama kali dalam slide, maka gunakan efek ini. Efek ini biasanya digunakan untuk menjelaskan alur membaca informasi pada slide. Informasi bisa ditampilkan secara bertahap sampai selesai.

  1. Emphasis

Emphasis merupakan efek pendukung lain dimana berfungsi untuk penekanan suatu poin saja. misal setelah semua informasi selesai ditampilkan dalam satu slide, kamu ingin menguatkan poin ke 3 dari 5 point yang ada. maka point ketiga bisa kamu tambahkan efek emphasis.

  1. Exit

merupakan efek yang digunakan untuk menghilangkan sebuah objek yang sudah ditampilkan. kategori efek ini cukup jarang digunakan karena biasanya presenter lebih menyukai ganti slide saja dibandingkan dengan memberikan efek menghilangkan informasi, kemudian menggantinya denga informasi baru yang harus menggunakan efek entrance. sedikit ribet.

Bagaimana cara memasukan animasi dalam powerpoint?

Pastikan objek yang dianimasikan sudah berada pada slide. lalu kamu klik objek tersebut.

Klik ribbon Animations, pilih add animations dan lihat efek yang kita terapkan pada objek tersebut. jika ingin menambahkan efek emphasis, klik lagi add animations, begitu seterusnya.

Bagaimana? lancer jaya? atau ada pertanyaan.

Jangan sungkan hubungi kami untuk konsultasi di nomor 0812 8905 020/ 0812 8905 030