Siapa bilang melakukan presentasi tidak harus didasari dengan fondasi yang kuat? Walaupun presentasi yang dilakukan terbilang sederhana, tentu saja dibutuhkan dasar yang jelas dan persiapan yang cukup matang. Layaknya sebuah rumah yang membutuhkan fondasi kuat dan kokoh agar tercipta rumah yang kuat dan kokoh pula, presentasi juga membutuhkan fondasi untuk kelancaran sebuah presentasi.

Kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara membangun fondasi presentasi. Tokopresentasi telah merangkumnya menjadi empat hal penting yang harus kamu lakukan demi presentasi yang memuaskan. Mari simak poin-poin berikut ini!

1. Menganalisis Momentum

Pandai-pandailah menganalisa momen dalam suatu kegiatan. Momen dalam hal ini termasuk materi atau konten presentasi seperti apa yang cocok untuk dibawakan. Caranya adalah dengan menyesuaikan dengan tren fenomena yang sedang terjadi di masyarakat. Semakin hangat topik presentasi yang disajikan, maka audiens semakin tertarik untuk memperhatikan setiap detail materi presentasi. Selain itu, kamu juga bisa menyajikan ice breaking di sela-sela presentasi. Jangan lupa sesuaikan dengan momen atau keadaan sekitar, termasuk audiens presentasi dan lokasi presentasi.

2. Mengenali Audiens Presentasi

Hal kedua ini tidak boleh dilewatkan. Penting sekali untuk mengenal lebih dalam audiens presentasi yang akan kamu hadapi. Mulai dari jenis kelamin, usia, profesi, hingga karakteristik audiens presentasi. Dapatkan informasi sebanyak mungkin, kemudian kamu bisa menganalisa informasi tentang audiens presentasi tersebut untuk mendapatkan kesimpulan yang dapat kamu manfaatkan sebagai acuan dalam menyusun materi (topik) presentasi. Segala informasi yang kamu dapatkan akan memengaruhi bagaimana kamu akan memimpin jalannya presentasi.

3. Mempelajari Lokasi Presentasi

Selain audiens presentasi, mempelajari lokasi presentasi juga tidak kalah penting. Jangan sampai ruangan yang digunakan untuk melakukan presentasi terlalu sempit apalagi terlalu luas, lebih baik sesuaikan dengan jumlah audiens presentasi. Dengan mengetahui besarnya ruangan presentasi serta lokasi detail dilakukannya presentasi, kamu bisa mempersiapkan lebih matang mengenai caramu menyampaikan presentasi. Jika ruangannya cukup luas, kamu harus berjalan menghampiri audiens saat menjelaskan serta menggunakan microphone dan speaker dengan volume yang sedikit keras agar terdengar hingga ujung ruangan. Namun, jika ruangannya cenderung kecil, kamu tidak perlu menghabiskan tenagamu untuk berjalan dan bersuara kencang.

4. Menentukan Pesan Pokok Presentasi

Terakhir yang harus dilakukan adalah menentukan inti topik atau pesan dari presentasi keseluruhan. Cobalah untuk menandai atau highlight bagian-bagian yang penting untuk dipahami dan dibahas secara mendalam. Cantumkan bagian penting tersebut di dalam slide presentasi dengan beberapa kata atau satu kalimat yang mudah dipahami. Jelaskan bagian penting tersebut dengan cara dan gaya presentasimu. Pastikan audiens presentasi memahami apa yang kamu bicarakan di hadapan mereka dan pastikan poin penting itu merupakan bagian yang mewakili keseluruhan materi presentasi yang kamu sajikan.

Demikian cara membangun fondasi presentasi sebagai dasar pertahanan yang kokoh demi kesuksesan dan kelancaran sebuah presentasi. Semangat dan selamat mencoba!

 

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0813 8823 9660

BBM: 5795FBDD