Cara membuat tayangan paparan powerpoint infografis yang menarik.

Mau Tau Caranya?

Membuat tayangan paparan powerpoint infografis yang menarik bisa kamu lakukan melalui tahapan berikut:

  1. Analisis Audiens

Pertama tentukan dan kenali audiens yang kemungkinan terpapar informasi, dengan mengetahui karakter audiens, penyajian infografis akan lebih terarah, infografis yang dibuat bisa tepat sasaran dan pesan yang disampaikan bisa lebih efektif.

  1. Tentukan ukuran infografis dan media yang digunakan

Saat menganalisis audiens, kita akan mengetahui media mana yang biasa mereka gunakan, sehingga ukuran infografis bisa langsung menyesuaikan.

Kamu bisa melakukan riset jika tidak mengetahui ukuran infografis yang ingin dibuat. Google akan dengan senang hati membantumu.

  1. Buat Headline yang memiliki Stopping Power

Stopping power adalah sebuah istilah dimana headline yang dibuat mampu menghentikan seseorang untuk kemudian tertarik membaca infografis. Membuat headline yang unik memang tidak mudah. Jika merasa kesulitan, carilah referensi infografis di google atau kunjungi instagram Tokopresentasi untuk mendapatkan insight.

  1. Tentukan pesan utama yang ingin disampaikan

Pembahasan dalam infografis harus fokus pada satu topik, jika topik yang diangkat terlalu umum, coba spesifikasikan dan tentukan apa yang menjadi fokus utama, dengan memfokuskan pesan ini, infografis akan lebih jelas dan diingat oleh audiens.

  1. Usahakan pesan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti

Anggaplah audiens adalah orang yang tidak memiliki pengetahuan terhadap bahasan infografis yang Anda pilih. Istilah-istilah ilmiah atau lainnya yang mungkin familiar di telinga Anda belum tentu diketahui oleh Audiens, maka penting sekali untuk mengolah bahasa, sehingga siapapun bisa memahami infografis yang Anda buat. ini biasanya berlaku untuk infografis dengan lingkup audiens yang luas.

  1. Gunakan data pendukung untuk memperkuat pesan

Memberikan data pendukung akan meningkatkan kepercayaan serta ketertarikan audiens terhadap informasi yang disajikan pada infografis. Data pendukung tidak perlu terlalu banyak, cukup 1-3 data, karena fungsinya hanya untuk memperkuat pesan utama.

  1. Sajikan dalam bentuk visual menarik dengan kombinasi warna yang tepat

Pesan yang baik harus dikemas secara apik. Bagus tidaknya sebuah infografis bukan hanya ditentukan dari pesan yang disampaikan, melainkan visual pun berpengaruh besar terhadap ketertarikan seseorang untuk membaca infografis.

Dalam hal ini, perhatikan kombinasi warna, pelajari filosofi warna akan membantumu memilih kombinasi warna yang sesuai dengan pesan yang disampaikan.

  1. Tambahkan gambar pendukung

Sebagian besar orang lebih memilih melihat visual gambar dibandingkan dengan teks, maka mempersingkat teks dan menambahkan gambar atau foto pendukung perlu dilakukan. Pastikan gambar atau foto yang digunakan bebas copyright.

  1. Sertakan sumber data

Saat ini banyak infomasi hoax beredar yang kemudian menyesatkan masyarakat. Sebab itu sering kali kredibilitas sebuah infografis dipertanyakan. Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap informasi yang disajikan, maka penting sekali untuk mencantumkan sumber data yang diperoleh.

  1. Tambahkan Call to Action (CTA)

Ada banyak macam tujuan dibuatnya infografis, salah satunya adalah untuk himbauan, ajakan atau sekedar informasi seperti tips dan trik. Untuk infografis bersifat ajakan, CTA perlu ada. CTA ini bisa berupa penawaran dan nomor telepon contohnya seperti ini

Masih kesulitan buat infografis? Biar Tokopresentasi bantu buatkan!

Hubungi WA 0812 8905 020 / 0813 8823 9660

Eksekusi dengan PPT

Membuat tayangan paparan powerpoint infografis yang menarik bisa kamu buat dengan powerpoint versi apapun, namun akan lebih baik jika menggunakan powerpoint 2013 keatas.