Presentasi bukan hanya sekadar menyampaikan suatu materi atau konten peristiwa. Presentasi juga tidak dapat disajikan secara asal dan terlalu ‘apa adanya’. Dalam hal ini, penting sekali untuk memperhatikan elemen-elemen yang harus ada di dalam sebuah presentasi. Mengapa penting? Jika elemen-elemen tersebut terpenuhi dengan baik, maka presentasimu akan dianggap luar biasa dan sangat profesional.

Oleh karena itu, sebagai seorang presenter, kamu harus mengetahui elemen SIDE yang harus ada dalam presentasi. SIDE merupakan singkatan dari beberapa kata yang merupakan kunci utama sebuah presentasi, berikut penjelasannya.

1. Simple

Presentasi yang luar biasa, bukan berarti harus mewah dan berlebihan dalam pemakaian warna, gambar, maupun animasi. Presentasi yang baik adalah presentasi yang sederhana, di mana menggunakan atribut secukupnya yang ada pada aplikasi presentasi. Sederhana atau simple juga berarti berisi materi berdasarkan ide-ide cemerlang yang belum pernah dibawakan sebelumnya oleh presenter lain. Penyampaiannya juga terlihat lugas dan tidak bertele-tele. Tentu saja, hal-hal seperti itu merupakan hal-hal yang disenangi audiens presentasi. Informasi akan cepat diterima dan mudah dipahami oleh mereka.

2. Interest

Presentasi yang baik adalah presentasi yang mampu menarik minat audiens, mulai dari judul yang membuat audiens penasaran, tema yang belum pernah mereka temui sebelumnya, hingga konsep penyampaian presentasi yang tidak monoton. Segala hal yang unik akan menimbulkan ketertarikan bagi audiens. Namun, setiap audiens belum tentu memiliki pemikiran yang sama akan satu hal. Anggapan mereka tentu akan berbeda satu dengan yang lainnya. Inilah yang dinamakan persepsi, mereka memiliki kriteria tersendiri untuk menganggap sebuah presentasi itu menarik atau tidak.

3. Desire

Elemen ketiga adalah desire yang berarti timbul keinginan atau hasrat untuk terlibat dalam kegiatan presentasi. Hasrat tersebut akan muncul apabila penyampaian presentasi oleh presenter terasa menyenangkan dan tidak membuat mereka jenuh. Hasrat yang dimaksud adalah berupa keaktifan diri, seperti keinginan untuk mengemukakan pendapat atau mengajukan pertanyaan saat presentasi. Tentu saja itu menguntungkan seorang presenter karena berkat pendapat dan ide-ide yang diberikan oleh audiens, presentasi dapat berjalan dengan sukses dan tidak monoton.

4. Elegant

Terakhir adalah menampilkan presentasi yang elegan. Presentasi harus disiapkan dengan rapi yang berisi data dan fakta yang telah diuji kebenarannya. Jangan sampai materi yang kamu bawakan bersifat hoax atau tidak memiliki kredibilitas di dalamnya. Tampilkan presentasi sebaik mungkin, baik dari segi desain slide presentasi maupun penyampaian presentasi harus terlihat elegan dan rapi. Dengan begitu, semua informasi yang terdapat pada presentasi akan mudah diterima oleh audiens.

 

Demikian penjelasan dari SIDE yaitu elemen-elemen yang harus ada dalam presentasi. Pertimbangkan hal-hal di atas untuk menjadikan presentasimu sukses dan profesional.

 

 

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0813 8823 9660

BBM: 5795FBDD