Kamu tidak sedang melakukan pertunjukan.

Kamu juga tidak membuat kesalahan.

Mengucapkan maaf dan menampilkan slide yang bertuliskan Terima Kasih / Thank you memang tidak ada salahnya, hanya saja terlihat kurang profesional.

Ada banyak cara menutup presentasi yang bisa membuat audiens terkesan.

  • Quote atau kalimat positif

Tampilkan sebuah kalimat atau kata bijak di akhir presentasi. Pastikan qoutes relevan dengan materi presentasi yang kamu sampaikan. Qoutes bisa berasal dari dirimu sendiri ataupun perkataan orang lain yang menginspirasi.

  • Profil Anda dan Kontak

Presenter umumnya menampilkan foto dan kontak yang bisa dihubungi di akhir slide. Ini cukup mudah untuk kamu tiru kan? Kamu bisa mencantumkan kontak pribadi, website, akun media sosial dan email.

  • Melakukan hal tak terduga

Ada beberapa presenter professional menutup presentasi dengan menghampiri audiens untuk bertanya, atau melakukan suatu hal. Adapun presenter yang menutup presentasi dengan diam dan menggunakan sedikit bahasa tubuh.

Berani Nyoba?

Hal penting lain dalam presentasi adalah slide presentasi. Slide yang ditampilkan haruslah menarik sehingga perhatian audiens akan terus terjaga. Jika kamu kesulitan membuat slide presentasi yang menarik, silahkan konsultasikan dengan kami, Tokopresentasi pasti siap bantu!