Dalam menyajikan presentasi, seorang presenter diharuskan menyiapkan beberapa pilihan topik atau materi presentasi yang mungkin cocok dijadikan bahan presentasi. Materi presentasi yang dipilih untuk dibawakan tidak boleh sembarangan atau mengandung kebohongan, apalagi di dalamnya tidak didukung fakta-fakta yang kuat.

Lalu, apa saja hal-hal yang dapat memperkuat materi presentasi? Pada artikel kali ini, Tokopresentasi merangkum sebanyak 4 hal yang dapat kamu lakukan untuk memperkuat materi presentasi yang kamu bawakan.

1. Contoh Konkret

Apapun jenis presentasinya, usahakan untuk memberikan contoh yang sekiranya berkaitan dengan materi presentasi. Contoh konkret ini dapat berupa analogi semu atau nyata, baik yang pernah benar-benar terjadi dalam kehidupan atau hanya sekadar imajinasi. Contoh konkret ini bisa juga melibatkan seluruh audiens maupun presenter sendiri. Ketika membuat contoh, kamu bisa sambil menggunakan properti yang ada di dekatmu atau yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Contoh tersebut bisa kamu cantumkan ke dalam slide presentasi berupa foto, video, ataupun gambar ilustrasi.

2. Pengalaman dari Peristiwa

Mengambil contoh dari pengalaman yang pernah benar-benar terjadi juga dapat memperkuat materi presentasi. Dengan mendengar cerita mengenai pengalaman pribadi atau orang lain, seseorang akan mudah membayangkan. Audiens presentasi akan cepat memahami materi presentasi karena mereka diharuskan berimajinasi tentang apa yang disajikan oleh presenter. Pengalaman dari sebuah peristiwa biasanya dijadikan bukti nyata dari suatu hal. Itu menjadikan materi presentasi lebih dipercayai oleh para audiens presentasi.

3. Kesaksian dan Pendapat Para Ahli

Hal ke-3 ini juga dapat memperkuat materi presentasi yang kamu bawakan. Pendapat para ahli terdahulu mengenai materi presentasi dapat meningkatkan kepercayaan sebuah materi presentasi. Sebab jika semakin lengkap data berupa kesaksian atau pendapat ahli, maka audiens presentasi semakin yakin bahwa presentasi yang kamu sajikan benar adanya dan tidak mengandung kebohongan sedikit pun. Pertanyaan akan muncul ketika audiens presentasi merasa ragu terhadap segala hal yang kamu sampaikan. Jika kamu menjawab pertanyaan tersebut tanpa dasar yang jelas, audiens akan kehilangan respect pada presentasi yang kamu bawakan.

4. Data Statistik dan Fakta

Poin terakhir ini merupakan hal yang penting dalam memperkuat materi presentasi. Fakta berupa data grafik atau statistik yang mendukung materi presentasi dapat menimbulkan rasa kepercayaan yang tinggi bagi audiens presentasi. Seperti yang diketahui, bahwa otak manusia akan bekerja bila mereka dihadapkan dengan data yang berbau visual. Visualisasi grafik dan statistik akan cenderung mudah dan cepat dipahami. Dengan adanya data statistik dan fakta-fakta terkait dalam bentuk visual, penyampaian materi presentasi akan lebih efektif dan efisien tanpa harus menjelaskan dalam bentuk kalimat panjang di dalam slide presentasi.

 

Demikian hal-hal yang dapat memperkuat materi presentasi menurut Tokopresentasi. Semoga bermanfaat dan semoga presentasimu sukses!

 

 

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0813 8823 9660

BBM: 5795FBDD