Menciptakan kesan pertama yang baik dimanapun seperti dalam presentasi misalnya adalah sebuah keharusan, karena akan mempengaruhi kesediaan maupun ketertarikan audiens untuk melihat presentasi yang Anda bawakan.

Berikut ini tips yang bisa Anda praktikan untuk menciptakan kesan pertama yang mantul, check it out:

  • Berpakaian Sopan dan Rapi

Meskipun Anda seorang yang memiliki kepribadian santai, ketika melakukan presentasi, usahakan terlihat rapi sehingga audiens menganggap Anda seorang yang profesional. Ingatlah bahwa audiens di hadapan Anda adalah orang yang mungkin baru Anda temui, yang bisa menjugde dan memperlakukan Anda dari bagaimana cara Anda berpakaian.

  • Tepat Waktu

Terlambat adalah sifat yang sering dianggap tidak profesional, maka pastikan Anda datang tepat waktu. Sehingga baik Anda maupun audiens bisa terlihat saling menghargai.

  • Komunikatif

Menjadi seorang presenter memang menuntut Anda untuk komunikatif, coba ajak berbicara audiens Anda, jangan cuekan mereka. Dengan begitu, Audiens akan merasa kehadirannya penting.

  • Tersenyum Ramah

Tersenyum bisa membawa suasana positif, santai dan tidak kaku, buatlah ruangan presentasi Anda tidak terlalu kaku, dan ciptakan interaksi yang hangat.

  • Tampil percaya diri

Terakhir adalah tampil percaya diri, Audiens dihadapan Anda adalah orang-orang yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk mendengarkan Anda karena mereka percaya Anda akan berbagi sesuatu yang bermanfaat, jadi jangan sia-siakan waktu mereka dengan presentasi yang memalukan, tampilah percaya diri! banyak berlatihlah sebelum presentasi.

Semoga tips diatas berguna! Make a great first impression! Salam SoraLearning