Corona atau covid-19 masih belum menunjukan tanda-tanda ia akan pergi dari muka bumi ini. Lantas sampai kapan kita harus seperti ini?

Setiap saat menggunakan masker, menjaga jarak, melakukan komunikasi virtual, online meeting, presentasi online. Adakah disini yang merindukan kegiatan komunikasi langsung atau tatap muka?

Rasanya setiap orang pasti memiliki kerinduan dalam melakukan komunikasi langsung, meskipun kita masih bisa berkomunikasi secara online, tetap saja berbeda. Komunikasi tatap muka tidak akan pernah bisa tergantikan. Apa kamu juga punya pendapat yang sama?

Jangan tanyakan kapan covid ini berakhir, jika masih banyak manusia yang enggan memakai masker dan menjaga jarak. Meremehkan virus yang belum ada obatnya ini sungguh hal yang harus dijadikan evaluasi. Karena masalah virus ini tidak bisa selesai di tangan pemerintah saja, melainkan perlu ada kerjasama antara masyarakat dan pemerintah.

Jika salah satunya egois, sementara vaksin tidak kunjung ditemukan, maka lihat saja, apa lagi yang akan berubah dalam kehidupan kita.

Berbicara mengenai presentasi atau meeting online, sepertinya kegiatan ini sudah menjadi sebuah kenormalan aktivitas di tengah pandemi, yang mana mau tidak mau kita harus melakukannya, keterpaksaan yang dilakukan secara terus menerus akan menjadi sebuah kebiasaan.

Ada yang malah menjadi nyaman melakukan segala sesuatunya secara online, mungkin kamu salah satunya?

Presentasi online yang sudah menjadi kebiasaan ini bukan tidak mungkin akan terus dilakukan meskipun kondisi covid membaik dan kita bisa melakukan komunikasi langsung. Karena ada banyak hal positif dari komunikasi virtual ini, salah satunya tidak lagi ada permasalahan ruang dan waktu

Terlepas dari itu semua, sebagai manusia yang tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya, kemampuan beradaptasi menjadi sangat diperlukan, sehingga bagaimanapun kondisinya kita tetap bisa menyesuaikan dan bertahan.

Tetap kuat untuk kita semua, semoga covid cepat pulang dan menghilang!