Sebagian orang menganggap menampilkan suatu presentasi merupakan hal yang menakutkan, membuat bingung, dan khawatir. Persiapan sudah dilakukan dari sisi personal seorang presenter, termasuk menggunakan jasa pembuatan presentasi agar slide presentasi terlihat menarik dan mengesankan. Namun, masih saja ada hal yang dianggap belum memuaskan sehingga audiens tidak merasa tertarik untuk memperhatikan.

Untuk menarik perhatian audiens, alat presentasi seperti desain slide PowerPoint yang Anda gunakan harus dibuat semenarik mungkin. Anda bisa membuatnya sendiri atau menggunakan jasa pembuatan presentasi. Namun, bagaimana jika jasa PPT yang dibuat sudah bagus bahkan sampai menggunakan penyedia jasa PowerPoint tetapi audiens masih kurang memperhatikan.

Salah satu penyebabnya adalah cara Anda dalam menampilkan presentasi. Jika Anda memiliki masalah tersebut, perhatikan tips berikut ini mengenai langkah-langkah dalam menampilkan presentasi yang menyakinkan dan mengesankan sekaligus membuat citra cerdas dan profesional pada diri Anda. Langkah-langkah ini terbagi dalam tiga tahap, antara lain persiapan, pembawaan, dan evaluasi.

1. Persiapan

Tahap persiapan meliputi segala persiapan yang harus ada dan dibutuhkan dalam menampilkan presentasi yaitu topik, tujuan, audiens, materi, pendekatan, desain slide presentasi PowerPoint, dan latihan diri. Semua hal tersebut akan dijabarkan secara detail berikut ini:

a. Topik

Buatlah topik presentasi yang akan Anda sampaikan kepada audiens berdasarkan kebutuhan dan isu-isu yang sedang hangat diperbincangkan. Hal tersebut akan membuat audiens tertarik mendengarkan dan memperhatikan.

b. Tujuan

Tentukan tujuan Anda dengan jelas dalam menampilkan materi presentasi sehingga tujuan tersebut dapat dicapai dengan mudah. Misalnya, Anda menampilkan presentasi untuk memberi pengetahuan, membuat promosi, dan lain sebagainya.

c. Kenali situasi audiens

Hal ini harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum menampilkan suatu presentasi. Menganalisis situasi dari audiens, seperti siapa saja yang akan hadir, rata-rata usia audiens, tempat presentasi, waktu untuk presentasi, dan lain sebagainya. Hal tersebut agar Anda bisa menyesuaikannya dengan materi presentasi danĀ  penampilan Anda.

d. Materi

Materi presentasi harus didasari oleh sumber yang terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan. Anda bisa membuat materi yang bersumber dari buku, hasil penelitian, jurnal-jurnal, majalah, koran, atau internet. Sampaikanlah materi yang sudah Anda kuasai, jangan sampai Anda menyampaikan materi presentasi yang Anda sendiri masih bingung atau belum Anda mengerti.

e. Pendekatan

Ada banyak sekali pendekatan dalam jasa presentasi, namun semuanya memiliki tujuan dan sasaran yang berbeda-beda. Anda bisa menyesuaikan pendekatan apa yang akan Anda tampilkan berdasarkan karakteristik audiens, maupun materi yang akan disampaikan misalnya ceramah, simulasi, demonstrasi, eksperimen, dan lain sebagainya.

f. Desain slide presentasi PowerPoint

Salah satu media yang banyak digunakan dalam menampilkan desain presentasi adalah slide PowerPoint (PPT). Slide presentasi PowerPoint harus dapat dipahami dengan mudah, terdiri dari konten yang kuat, sederhana, font yang mudah dibaca dan indah, tambahan gambar-gambar yang menarik, serta warna yang tepat. Jika Anda merasa kesulitan dalam membuatnya, Anda bisa mengandalkan layanan jasa desain PPT kami di Tokopresentasi.

g. Latihan diri

Sangat dianjurkan sebelum menampilkan suatu presentasi, hendaknya Anda berlatih terlebih dahulu untuk membuat Anda lebih percaya diri dan mengatur atau menyesuaikan dengan waktu yang dibutuhkan.

 

2. Pembawaan

a. Pembukaan

Pembukaan merupakan pintu awal yang menunjukkan presentasi Anda akan berhasil atau gagal. Pembukaan yang baik akan langsung dapat menarik perhatian audiens dan menggiring audiens untuk memperhatikan presentasi sampai akhir. Anda bisa membuka presentasi dengan cerita, mengajukan sebuah pertanyaan, menunjukkan data-data, intermezzo, bahkan humor.

b. Pembahasan

Pembahasan merupakan inti dari presentasi. Anda harus menjelaskan isi topik atau materi dengan jelas dan terstruktur, termasuk juga pada desain presentasi sekalipun itu menggunakan jasa desain PPT. Gunakan bahasa tubuh yang tidak berlebihan dan intonasi suara yang jelas. Keberhasilan dari suatu pembahasan presentasi dapat ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan audiens setelahnya.

c. Penutup

Anda bisa membuat penutup presentasi dengan menyampaikan inti dari semua materi pembahasan presentasi. Jangan sampai Anda meninggalkan audiens dalam keadaan masih bingung atau masih bertanya-tanya dengan pembahasan yang telah Anda sampaikan.

 

3. Evaluasi

Evaluasi adalah kebiasan positif yang akan memberikan dampak positif. Dengan adanya evaluasi, dapat diketahui apa saja yang dianggap kurang untuk selanjutnya dapat diperbaiki. Termasuk juga desain presentasi dengan menggunakan jasa pembuatan PowerPoint yang Anda gunakan.

 

Demikianlah langkah-langkah dalam menampilkan presentasi yang meyakinkan dan mengesankan. Jika Anda menggunakan jasa PPT atau jasa pembuatan PowerPoint, pilihlah penyedia jasa PPT yang terpercaya dan kenali terlebih dahulu hasil dari jasa desain PPT yang sudah dibuat. Jika merasa bingung, cobalah untuk menghubungi Tokopresentasi dan kami akan membantu membuat desain PPT Anda terlihat profesional dan mengesankan.

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156