Video Explainer adalah sebuah video yang berdurasi sekitar 1 sampai 2 menit yang secara umum bertujuan untuk menjelaskan produk baru dan menjawab pertanyaan mendasar konsumen seperti Produk apakah ini?

Video explainer harus dibuat semenarik dan seunik mungkin, sehingga bisa melekat di benak masyarakat. Dalam dunia bisnis, video explainer dibutuhkan untuk tujuan-tujuan sebagai berikut:

  1. Menjelaskan produk secara umum

Tujuan utama pembuatan video explainer adalah mengulas sebah produk. Video yang dibuat secara sistematis mampu memberikan suatu informasi yang jelas sehingga audiens memiliki gambaran umum tentang produk yang dipasarkan.

  1. Menciptakan branding serta ketertarikan pada produk

Video explainer menjadi branding pertama sebuah produk, citra produk bisa terbentuk melalui video ini, dan menggunakan video explainer memungkinkan audiens pada akhirnya tertarik untuk menggunakan produk yang di tawarkan. Maka, pembuatan video explainer harus dirancang secara matang dan harus bisa menciptakan citra yang baik untuk perusahaan dan produk yang diluncurkan.

  1. Meningkatkan kunjungan website

Setelah melihat video explainer, seorang yang tertarik dengan video tersebut di asumsikan akan mencari informasi lebih mengenai produk atau perusahaan yang memproduksi produk. Fungsi website kemudian menjadi penting karena sebagai penyedia informasi yang lebih lengkap. Viralnya suatu video di sosial media pasti berbanding lurus dengan kunjungan pada website. Maka dari itu, semakin menarik suatu video akan semakin besar pula kemungkinan video tersebut menjadi viral.

  1. Membantu menyelesaikan masalah

Terkadang seseorang yang mendapatkan suatu masalah tidak mengetahui bagaimana masalah tersebut dapat terjadi dan bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. Melalui video kita dapat menjelaskan suatu hal untuk menyelesaikan masalah dan sekaligus melakukan promosi. Membuat video explainer bisa berangkat dari banyak hal, misalnya ingin meningkatkan awareness, ingin meningkatkan penjualan, ingin menciptakan citra baru atau tujuan lainnya.

  1. Shareble 

Dibandingkan dengan postingan blog dan meme maupun gambar, video merupakan salah satu media komunikasi yang mudah dibagikan. Jadi cukup membuat video explainer yang menarik, buat masyarakat menyukai video tersebut, dengan sendirinya video akan tersebar. Buatlah strategi yang matang untuk membuat video explainer menjadi viral, pilihlah media yang sesuai dengan target audiens, maka kamu dapat membuat video bisnis tersebut tersebar dengan cepat.

Video explainer merupakan salah satu tools yang dapat kamu gunakan untuk mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan. Butuh jasa pembuatan video explainer? hubungi kami melalui WhatsApp: 0812 8905 020.