Hati-Hati jangan sembarangan download dan pakai font seenaknya.

Tahun 2019, sempat viral soal hak cipta font logo Piala Dunia U-20.

Meski font bernama upakarti itu gratis, banyak orang menyayangkan perbuatan pihak PSSI yang menggunakan font tersebut tanpa izin. Netizen menilai, seharusnya ada izin kepada pembuat font sebagai bentuk apresiasi karena font miliknya digunakan untuk event besar.

Ga mau kan, citra kamu rusak atau harus bayar denda gara-gara sebuah font? Coba di cek-cek lagi, font kamu udah legal belum tuh?

jadi, untuk kamu yang belum paham,

Kenalin ini ada beberapa lisensi font yang cukup umum.

  1. Free for personal use

Font hanya boleh digunakan untuk pemakaian pribadi saja. font tidak bisa digunakan untuk kepentingan komersil. Jika perbuatan ini tetap dilakukan dan ketahuan, maka seseorang bisa dikenakan denda atau membayar royalti.

  1. Free / Open Source License

Font yang bebas digunakan untuk project komersil ataupun non-komersil seperti membuat desain logo, poster dll. Untuk memastikan font benar-benar gratis, ga ada salahnya kamu hubungi pembuat font dan meminta izin terlebih dahulu. Catatan: font jangan dijual lagi ya J

Font dengan Open Source License bisa kamu temukan di Google Fonts!

  1. Commercial atau berbayar

Font ini ada pada situs-situs seperti envato element, Graphic river , MyFonts dan lain sebagainya. Adapun untuk mendapatkan font ini kita harus bayar gais dan setelah itu kita bebas menggunakan font untuk apa saja.

  1. Donationware

Lisensi yang mengharuskan kita untuk mendonasikan sejumlah uang kepada pemilik font sebelum memakai font karya mereka.

  1. Dan lain-lain, lisensi itu beragam dan bukanlah sesuatu yang kaku, artinya bisa diatur sesuai keinginan pembuat produk.

Terus font yang terinstall di komputer itu lisensinya apa ya?

Lisensi Font Desktop, yaitu lisensi standar yang memungkinkan kita untuk menggunakan fontnya di komputer. Bisa juga digunakan pada media seperti flyer, atau media lain seperti mug, kaos, e-book dsb.

Gimana? apakah masih bingung atau sudah ada sedikit pencerahan?

Intinya

Stop bersikap bodo amat. Jika kamu ingin dihargai, mulailah dengan menghargai orang lain terlebih dahulu.

referensi: kompas.com, rian.structilmy.com, melukis slide