Presentasi dianggap sebagai hal yang menakutkan karena dibutuhkan keberanian untuk dapat menyampaikannya. Alih-alih persiapan sudah dilakukan termasuk menggunakan jasa desain PPT dari pihak lain, masih saja sebagian orang sering merasa bingung dan khawatir untuk memaparkan presentasi.

Melakukan pembukaan presentasi dengan baik adalah langkah awal menuju sebuah presentasi yang sukses. Kuncinya adalah berani berbicara di depan umum dan percaya diri. Namun, alat presentasi juga tidak boleh dianggap sepele karena audiens akan melihat dan memperhatikan alat presentasi apa yang digunakan sebagai media presentasi.

Salah satu media presentasi adalah slide presentasi dengan menggunakan jasa PowerPoint. Untuk menciptakan kesan yang baik dan menyakinkan para audiens, slide presentasi PowerPoint harus dibuat dengan kreatif. Anda bisa mengandalkan layanan jasa desain PPT atau menggunakan fitur-fitur pembuatan slide jasa PowerPoint.

Meskipun Anda membuat PowerPoint presentasi dengan jasa pembuatan presentasi, Anda juga harus mengetahui apa saja kesalahan dalam presentasi. Berikut adalah beberapa ulasan mengenai PowerPoint presentasi;

 

Hal yang Tidak Dilakukan dalam Presentasi

Perlu diingat bahwa PowerPoint merupakan alat untuk memberi pesan dalam presentasi. Jangan gunakan PowerPoint sebagai sandaran sehingga Anda menulis semua materi di dalam slide presentasi. Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi sehingga tidak boleh dilakukan dalam membahas isi presentasi, antara lain:

1. Jangan membaca langsung dari slide PowerPoint.

2. Jangan menggunakan tema slide PowerPoint built-in atau tema bawaan dari aplikasi PowerPoint, lebih baik gunakan tema kostum agar terlihat lebih kreatif atau mempercayakannya pada jasa PPT Tokopresentasi

3. Jangan membuat slide PowerPoint yang berantakan sehingga sulit dibaca.

4. Jangan berlebihan menggunakan animasi, gambar atau foto.

 

Temukan Inspirasi untuk Presentasi

PowerPoint akan semakin menarik jika dibuat berbeda dari yang lain. Ide unik dan kreatif memang sangat diperlukan, namun tidak semua orang dapat menciptakannya. Tapi Anda bisa memulainya dengan mencari inspirasi dalam membuat presentasi pada aplikasi PowerPoint. Misalnya, melihat di internet mengenai contoh-contoh presentasi yang bagus dan menarik.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan jasa PowerPoint yang dengan mudah Anda temukan di internet untuk menciptakan tampilan slide PowerPoint yang lebih kreatif dan menarik seperti yang dimiliki jasa PPT Tokopresentasi.

 

Cara Membuat Presentasi yang Kreatif

Setelah mengandalkan jasa presentasi, selanjutnya melangkah pada tahap bagaimana membangun presentasi yang kreatif.

1. Mengambil perhatian audiens

Jika Anda ingin menampilkan presentasi yang mengagumkan maka Anda harus mengambil perhatian audiens. Salah satunya adalah dengan presentasi PowerPoint yang menarik, intonasi suara, dan bahasa atau gerak tubuh yang menyenangkan.

2. Memperkenalkan tim presentasi Anda

Sebelum menyampaikan inti materi presentasi, Anda bisa melakukan pembukaan yang kreatif. Salah satunya adalah memperkenalkan diri terlebih dahulu, atau jika Anda terdiri dari tim maka perkenalkan juga anggota tim Anda dan kelebihan berupa prestasi-prestasi yang telah dicapai.

Misalnya juga jika Anda membawa nama suatu perusahaan, maka jelaskan profil perusahaan Anda meliputi informasi, keunggulan, dan prestasi yang ada. Hal tersebut sangat diperlukan agar terjalin koneksi antara presenter dengan audiens presentasi.

3. Berikan analisis SWOT

Analisis SWOT adalah analisis yang menyatakan bahwa materi presentasi Anda memiliki tingkat kekuatan, kelemahan, peluang, hingga ancaman. Dengan memberitahu analisis SWOT pada audiens, maka audiens akan memahami alur dari presentasi.

4. Ungkapkan produk yang akan dipaparkan

Pada tahap ini, Anda bisa mendemonstrasikan materi presentasi. Misalnya Anda membawa suatu produk, Anda bisa menampilkannya di PowerPoint dalam wujud gambar atau video demonstrasi.

 5. Tunjukkan roadmap produk

Pada tahap ini, Anda bisa meyakinkan audiens dengan memasukkan roadmap pada slide presentasi karena roadmap ini berguna untuk menunjukkan adanya visi dan misi dari materi yang Anda sampaikan.

6. Penutup

Penutup adalah hal terakhir yang dapat terekam langsung di benak audiens. Pada bagian penutupan ini, Anda bisa menyajikan ide kreatif tidak hanya sekadar mengucapkan terima kasih tetapi juga menyimpulkan inti keseluruhan materi presentasi bahkan memberikan ucapan yang dapat memotivasi audiens. Anda bisa menampilkannya pada slide PowerPoint atau langsung dengan ucapan (secara lisan).

 

Itulah ulasan mengenai presentasi PowerPoint dari ide kreatif dan unik, sekaligus mengenai hal yang tidak boleh dilakukan dalam PowerPoint presentasi hingga bagaimana cara membangun presentasi yang kreatif dan unik. Bagi Anda yang bingung dalam mendesain slide presentasi PowerPoint, Anda bisa memanfaatkan keberadaan dari jasa presentasi di Tokopresentasi dengan melihat terlebih dahulu contoh hasil dari jasa PowerPoint presentasi yang pernah dibuat oleh Tokopresentasi.com.

 

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156