Pernah ngerasa kesulitan ga sih saat akan membuat konten instagram, facebook atau konten sosmed lainnya? Apalagi jika kontenmu dituntut untuk viral.

Media sosial sudah menjadi senjata bisnis bagi banyak perusahaan terutama untuk divisi marketing. Bukan hanya perusahaan sebenarnya, perorangan pun berlomba-lomba membranding dirinya melalui konten-konten sosial media yang mereka tampilkan, sebut saja selebgram.

Ketepatan dalam membuat sebuah konten media sosial itu penting. Seperti yang diketahui, sebenarnya tidak sulit untuk membuat konten media sosial, yang sulit adalah bagaimana menjangkau audiens, meningkatkan engagement, sehingga konten dapat bermanfaat dan bisa mencapai tujuan. Dalam hal ini penting untuk menaruh perhatian pada segi desain visual, karena konten yang dibungkus dengan visual menarik akan memiliki peluang yang lebih besar.

Berbicara mengenai strategi konten sosial media, banyak sekali hal yang perlu dikuasai, seperti basic desain, terbuka akan isu terkini dan lain sebagainya. Penguasaan skill ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Belajar mandiri melalui internet bisa menjadi salah satu pertimbangan yang tepat atau pilihan lainnya yang lebih cepat adalah dengan mengikuti training desain konten sosial media. Ada beberapa lembaga penyedia training yang bisa kamu ikuti, yang cukup terkenal saat ini adalah sora learning.

Tidak ada batasan nyata dalam membuat konten sosial media, semua orang punya kesempatan yang sama untuk menciptakan konten unik. Selain menampilkan real foto, jenis konten yang sedang popular saat ini yakni menampilkan infografis.

Infografis adalah suatu bentuk penyajian data dengan menggunakan konsep visual yang terdiri dari teks dan ilustrasi menarik. Infografis bisa diartikan juga sebuah informasi yang ditampilkan dalam bentuk grafis. Seringkali ketika mendengar kata grafis, kita terfikirkan grafik atau chart, keduanya memang tidak salah namun pengertian infografis lebih dari itu, infografis terkait juga dengan komponen-komponen visual lainnya yang membuat sebuah informasi dapat tersampaikan dengan baik. Begitu banyak visualisasi yang dapat mendukung sebuah infografis, seperti sesuatu yang berbentuk gambar, video, suara, dan lain sebagainya. Sebuah materi yang disajikan dalam bentuk infografis dianggap lebih mudah dipahami.

Mendesain sebuah infografis bisa dilakukan di powerpoint. Membuat infografis ppt bisa menghemat waktu dan tenaga, selain mudah, hasil mendesain infografis di ppt juga tidak kalah menarik dengan infografis yang didesain di photoshop atau illustrator. Jika kamu mengikuti workshop infografis, powerpoint kerap kali disarankan untuk mendesain infografis.

Tips membuat desain konten infografis di media sosial ala workshop infografis:

  1. Menentukan empat fokus utama sebelum mendesain

fokus utama yang dimaksud adalah mengenai:

  • Target Audiens

Kamu harus lebih dulu menentukan siapa target audiens dari infografis yang kamu buat. Tujuannya adalah agar dapat membuat desain yang akrab dengan target ini, sehingga pesan yang disampaikan melalui infografis dapat langsung dipahami.

  • Manfaat Infografis

Tentukan manfaat dari infografis, apakah untuk menambah wawasan tentang sebuah isu, untuk menarik pembaca melakukan sesuatu, atau yang lainnya. Biasanya masing-masing konten infografis memiliki manfaat masing-masing bagi audiens.

  • Tujuan Infografis

Apakah konten infografis yang kamu buat bertujuan untuk meningkatkan awareness audiens atau untuk membuat image baru ataupun tujuan lainnya.

  • Kebenaran Infografis

Mencari tahu kebenaran akan konten infografis yang akan dibuat merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Jangan sampai infografis yang kamu share di media sosial mengandung kebohongan. Tidak mau kan kamu dituntut karena menyebarkan hoax?

  1. Klasifikasikan konten infografis

Tentukan lebih dulu konten seperti apa yang akan kamu buat dan kamu share di media sosial. Setelah berhasil terkumpul dari beberapa sumber, klasifikasikan bahan infografis tersebut kedalam bahasan ringan/menyenangkan, sedang dan berat.

  1. Amati isu sekitar

Dalam menyampaikan infografis perlu juga mengamati situasi dan kondisi terkini yang ada di masyarakat. Biasanya infografis konten media sosial dibuat berdasarkan isu-isu (trend) hangat yang baru terjadi.

  1. Desain Infografis

Setelah mendapatkan konten yang sesuai, cobalah tuangkan dalam ilustrasi dan mulai desain di ppt, jika bingung, cari referensi desain di google.

     5. Gunakan tool analytics

Hal penting yang harus dilakukan adalah menggunakan tool analytics. Fungsinya adalah untuk mengevaluasi insight di media sosial. Kamu bisa melihat traffic dan grafik kegiatan di media sosial, apakah mengalami peningkatan atau malah mengalami penurunan. Dengan begitu, kamu dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada agar tidak terjadi lagi di masa mendatang.

Dengan berlatih secara rutin, dengan sendirinya kamu akan paham dan mendapatkan alur yang tepat dalam membuat konten media sosial, Selamat berkarya!

Itu tadi cara dan strategi dalam mendesain konten sosial media yang biasanya di bahas dalam workshop infografis. Jika kamu membutuhkan penjelasan lebih mendalam, bisa mengikuti secara langsung workshop infografis yang disediakan oleh lembaga-lembaga training seperti Sora Learning.