Berdiri dengan percaya diri, berbicara dengan lancar, audiens terlihat antusias, ini presentasi yang dimimpikan banyak orang.

Pernah merasa gugup saat melakukan presentasi atau ketika berbicara di hadapan banyak orang?

Merasa gugup adalah suatu hal yang wajar. Namun jika dibiarkan terlalu lama dalam diri seseorang bisa berdampak negatif. Ketakutan ini banyak dialami oleh orang-orang introvert dan tidak suka keramaian, ironisnya dari orang-orang tersebut tidak banyak yang bisa mengatasinya.

Berikut adalah tips ampuh untuk meningkatkan rasa percaya diri saat presentasi:

  • Positif thinking

Berpikir positif itu penting karena secara tidak langsung bisa membuat kamu lebih tenang dalam mengungkapkan pendapat di hadapan publik. Terutama saat menjadi seorang presenter, hendaknya tidak berpikir macam-macam tentang audiens. Menerka-nerka apa yang dipikiran audiens hanya membuat kamu down seketika. Anggaplah para audiens memiliki perasaan senang menghadiri presentasimu, karena perlu diingat mereka telah bersedia meluangkan waktu hanya untuk mendengarkan presentasimu dan mereka menganggapmu orang yang profesional.

  • Power posing

Kehilangan percaya diri ataupun gugup ketika akan presentasi adalah hal yang wajar. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam bersikap. Tunjukkan kegagahanmu dalam bentuk non verbal, jangan menggaruk kepala, menunduk atau membungkuk. Hindari sikap-sikap seperti itu karena memberi kesan bahwa kamu sangat tidak siap untuk melakukan presentasi. Jadi, perhatikan sikap tubuhmu dengan baik.

  • Tatap audiens bukan pada kedua matanya

Salah satu yang dapat kamu lakukan ketika kehilangan rasa percaya diri adalah menatap dahi audiens. Mengingat seorang presenter diharuskan untuk melakukan eye contact, tapi rasanya hal itu mustahil bagi orang-orang yang mudah gugup dan tidak percaya diri. Oleh karena itu, cobalah untuk tetap menatap audiens namun bukan pada matanya melainkan pada titik tengah di antara kedua mata. Kamu yang introvert tidak akan merasa terintimidasi dan masih tetap bisa menyajikan materi presentasi seolah dengan percaya diri yang tinggi.

  • Tarik napas yang dalam

Menarik napas adalah solusi termudah yang dapat dilakukan seorang presenter yang tengah gugup ketika akan melakukan presentasi. Mungkin tidak hanya saat presentasi, saat situasi apapun solusi ini selalu dilakukan. Mengapa? Karena dengan menarik napas dalam-dalam, seseorang menjadi lebih relaks dan tenang setelahnya. Rasa takut dan khawatir sedikit banyak akan hilang seketika.

  • Persiapkan presentasi dengan baik sebelumnya

Kepercayaan diri bisa hilang karena seseorang tidak mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum presentasi dimulai. Kurangnya kesiapan itu bisa membuat presentasi berjalan tidak sebagaimana mestinya seperti yang diharapkan. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab dari kegagalan presentasi. So, mulai kebiasaanmu untuk mempersiapkan segala hal sebelum waktunya ya! Presentasi itu butuh persiapan, tidak bisa instan

  • Berdoa

Banyak orang yang melupakan poin terakhir ini. Berdoa merupakan salah satu solusi yang sangat ampuh sebab dengan berdoa sebelum memulai dapat meyakinkan diri kamu untuk selalu percaya diri terutama dalam menyampaikan presentasi. Begitu juga setelah presentasi berakhir, berdoa adalah yang utama agar semua rencana setelahnya berjalan lancar.