Siapa yang tidak tahu Instagram? Instagram merupakan salah satu media sosial yang terus naik daun. Keberadaannya telah dimanfaatkan banyak orang untuk mengembangkan bisnis dan membangun citra personal maupun perusahaan. Ada sejumlah besar orang yang sukses dan terkenal karena Instagram.

Kekuatan konten media sosial Instagram ada pada foto, video, story dan caption. Mengelola Instagram disadari atau tidak, akan mengasah kemampuanmu dalam photography, videography, serta basic membuat vlog dan blog.

Lantas apa saja konten dan bagaimana cara membuat konten Instagram yang menarik? Simak tips berikut!

  1. Pilih konten yang sesuai dengan minat atau hobimu

Jika bingung menentukan konten apa yang akan kamu posting, kamu bisa mulai dari dirimu, Be yourself! ungkapkan apa yang kamu sukai ke dalam sebuah foto, video dan tulisan.

Pikirkan sebuah konten yang menarik bagimu bukan bagi orang lain. Terkadang berkaca pada diri sendiri, sedikit banyak membantu menemukan konten yang cocok dengan kepribadianmu.

Contoh: Ketika kamu menyukai konten beauty, kamu bisa menyajikan informasi seputar dunia kecantikan, tips-tips dan hal menarik lainnya melalui video, foto ataupun story.

  1. Sesuaikan dengan followers

Lihat berapa jumlah followersmu dan berapa rentan usia mereka. Jika kebanyakan dari mereka seperti teman sebaya, kamu bisa mengangkat hal-hal menyenangkan dengan menggunakan bahasa yang santai. Namun bila pengikutmu lebih banyak orangtua atau petinggi-petinggi perusahaan, kamu bisa menggunakan pilihan kata yang lebih formal tapi usahakan tidak kaku.

  1. Buatlah konten yang konsisten

Kunci suksesnya sebuah konten Instagram adalah konsistensi. Buatlah konten yang tidak berubah-ubah sehingga citra akan semakin mudah terbentuk. Konsistensi dalam menyajikan konten ikut andil dalam meningkatkan eksistensi akun Instagram. Konsistensi ini juga bisa kamu aplikasikan pada kesesuaian post, entah dari warna yang senada, topik umum atau jenis pengambilan foto yang sama atau hal lainnya yang menjadi ciri khas akun instagrammu.

  1. Ingat, pada dasarnya tidak ada seorangpun yang menyukai iklan

Tips ini cocok untuk kamu yang menggunakan Instagram sebagai keperluan bisnis terkhusus berjualan sebuah produk. Hindari berjualan dengan kata-kata langsung, orang-orang cenderung enggan membaca konten yang langsung menawarkan produk, ubahlah dengan sebuah cerita atau hal lain yang informatif, tawarkan secara tersirat atau tawarkan diskon menarik.

  1. Give it first, take later!

Sebuah strategi dimana ketika kamu ingin diperhatikan, kamu harus mulai dari memberi, contoh: seorang penulis yang akan menerbitkan sebuah buku, ia sebaiknya menuangkan kalimat-kalimat miliknya ke dalam beberapa postingan yang semakin lama semakin menunjukan kepantasannya sebagai penulis. Setelah banyak orang menyukai postingannya, barulah ia mulai meluncurkan buku.

Itu 5 cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten yang menarik. Tetap masih bingung mulai dari mana? Hubungi kami melalui WhatsApp: 0812 8905 020. Tokopresentasi siap membantumu membuat konten sosial media yang anti-mainstream!