Infografis adalah suatu bentuk penyajian data dengan menggunakan konsep visual yang terdiri dari teks dan ilustrasi menarik. Proses pembuatan infografis disebut juga sebagai data visualization, information design dan information architecture. Sejak zaman dahulu, manusia sudah terbiasa dengan sajian informasi dalam bentuk visual. Hal ini dapat dilihat dari peninggalan-peninggalan masa pra sejarah berupa lukisan-lukisan yang dibuat sebagai salah satu sarana komunikasi. Dengan demikian data dalam bentuk visual dianggap lebih mudah diingat.

Seringkali didapati berbagai kendala ketika proses penyampaian data atau informasi penting. Misalnya data yang disajikan ternyata kurang menarik minat pembaca untuk membaca, atau terlalu banyaknya data yang ditampilkan,  yang menyebabkan pembaca tidak mudah dibaca dan masalah-masalah lainnya.

Kunci utama dalam membuat infografis adalah konsep visual dengan ilustrasi yang menarik serta validitas data yang disajikan didalamnya. selain itu hal yang paling penting dalam infografis adalah tersampaikannya data dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Berikut ini 5 langkah pembuatan inforgrafis antara lain:

1. Membuat alur cerita infografis

Berbicara Infografis bukan hanya tentang gambar, tapi juga data. Membuat alur cerita infografis dapat kamu mulai dari menempatkan diri dari perspektif pembaca dan mencari tahu hal apa yang menarik perhatian mereka. Menyusun data sehingga data dapat mudah dipahami. Kamu bisa mulai dari membuat outline di selembar kertas atau media lain.

2. Menyederhanakan data

Data yang akan dijadikan infografis, sebaiknya di ringkas atau disederhanakan. Sehingga memudahkanmu kamu dalam proses penerjemahan data menjadi visual. Baca data tersebut baik-baik, pisahkan data penting dan data pendukung, data penting ini yang harus ada pada infografis terlepas dari bagaimana visual yang akan digunakan untuk menampilkan data.

3. Menentukan tampilan infografis

Menentukan tampilan infografis berkaitan dengan tema apa yang ingin lebih dominan pada infografis. tampilan infografis biasanya disesuaikan dengan citra atau gimik perusahaan. Dari berbagai jenis infografis, pilihlah infografis yang sesuai dengan data yang dimiliki dan mencerminkan citra perusahaan.

4. Desain infografis

Membuat desain berdasarkan sebuah data bukanlah hal yang mudah. Terutama ketika kamu sudah kehabisan ide. Karena itu, ada kalanya kamu perlu memperkaya perbendaharaan desain dengan sering berkunjung ke Pinterest atau Venngage. Sementara untuk permainan warna, kamu bisa menggunakan Colour Lovers atau Paletton.

5. Publikasikan infografis 

Setelah infografis selesai dibuat, publikasikan infografis itu ke orang banyak sesuai target audiens. Publikasi infografis bisa dilakukan di Media sosial, seperti Facebook, Pinterest, Instagram, atau Twitter. Bila klienmu memiliki Newsletter, itu pun bisa menjadi sarana untuk membagikan infografis.

Pembuatan Infografis yang menarik ternyata memiliki tahapan strategi yang cukup rumit, maka dari itu untuk kamu yang perlu bantuan kami mendesain infografis, silahkan hubungi kami melalui WhatsApp: 0812 8905 020.