Sosial media apa saja yang kamu gunakan? Facebook? Twitter? Instagram? 

Banyak dari kita mungkin menggunakan ketiganya atau lebih. Media sosial yang bersifat cepat dan mudah menjadi suatu yang fenomenal, bahkan berita, kerap kali lebih dulu diketahui melalui media sosial dibandingkan melalui Televisi.

Pernah dengar istilah Viral?

Viral adalah sebuah istilah dimana konten mampu memicu pembaca untuk membagikan konten tersebut dari satu orang ke banyak orang lainnya. Adanya konten viral yang berkualitas bisa mengurangi aktivitas promosimu karena secara langsung kontenmu menyebar luas. Trafik blog pun akan ikut naik seiring dengan banyaknya pengunjung yang datang karena efek viral tadi. 

Membuat konten sosial media yang viral membutuhkan beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu, karena konten viral biasanya tidak terduga dan sulit diprediksi. Berikut ini 6 Langkah membuat konten viral yang bisa kamu lakukan:

  1. Mengenal Audiens

Konten viral dimulai dengan memahami pembaca. Motivasi apa yang membuat pembaca mau membagikan sebuah konten melalui akun media sosialnya? Kenapa pembaca harus membagikan kontenmu di media sosial?

Sebuah penelitian dari #Rigorous memaparkan 5 motivasi mengapa pembaca mau share konten yang telah dia baca melalui akun sosialnya:

  • Sekedar hiburan dan menambah wawasan orang lain. 
  • Sebagai bentuk dari mengenal diri sendiri. Membagikan sesuatu yang dekat dengan kepribadiannya.
  • Demi menjaga hubungan pertemanan. Misalnya, update informasi mengenai hal yang kebetulan sama-sama disukai atau diminati.
  • Adanya rasa ingin berperan bagi lingkungan sosial. 
  • Untuk mendukung suatu produk atau hal lainnya. Misalnya, testimoni produk atau review produk.
  1. Pembuatan Konten

Setelah menganalisis motivasi audiens, mulailah membuat konten yang tampak smart, Up to date dan bernilai (berguna) bagi masyarakat. Pastikan konten yang kamu buat berhasil menciptakan kepercayaan yang bisa menggugah emosi audiens untuk melakukan reaksi terhadap konten yang diciptakan tersebut

Ada beberapa tema konten yang bisa memicu pembaca melakukan respon

  • Konten Tabu dan Kontroversi

Membuat konten viral artinya membuat konten yang berkarakter. Seperti Pro-kontra yang berkembang di masyarakat yang menandakan bahwa masyarakat masih butuh informasi. Maka, mengangkat konten ini secara tidak sadar akan mendorong pembaca untuk berkomentar

  • Konten Anti-Mainstream

Konten bertipe anti-mainstream dibuat dari tema-tema yang biasa, namun dilihat dari sudut pandang berbeda.

  • Konten Populer

Konten populer lebih cenderung menulis kembali hal-hal yang sedang menjadi trend sesuai dengan bahasa sendiri

  • Konten lucu

Orang Indonesia yang menyukai humor receh. Kamu bisa membuat konten dari hal-hal kecil tersebut

  • Konten Inspirasional
  • Konten yang menyentuh emosi pembaca dengan berbagai cerita yang membanggakan, menyedihkan maupun menyenangkan.
  1. Perkuat Judul/caption

Judul/caption merupakan elemen penting yang berpotensi menarik pembaca. Buat caption yang semenarik mungkin

  1. Perhatikan foto dan video

Foto dan video untuk beberapa media sosial adalah kuncinya. Banyak konten viral karena foto atau video yang tidak biasa. Pilihlah foto yang unik, sesuaikan dengan tema atau emosi yang berusaha kamu munculkan.

  1. Bagikan pada waktu yang tepat

Langkah terakhir ini ikut berperan dalam kesuksesan konten viral. bagikan konten saat user online. Analisis jam berapa biasanya pengikut kamu online. Analisis bisa dilihat melalui insight-insight yang ada di setiap media sosial.

Ternyata dibalik sebuah konten viral ada sebuah strategi yang perlu kita pahami. Tertarik untuk membuat konten sosial media lain? Butuh bantuan kami, silahkan hubungi Tokopresentasi melalui WhatsApp: 0812 8905 020.