Berbicara mengenai presentasi, ada banyak sekali elemen yang perlu kita perhatikan, entah dari segi presenternya, materinya, medianya dsb. Pada postingan kali ini, Tokopresentasi akan coba membahas di lingkup presenter, yang mana menjadi seroang presenter itu, selain harus memiliki kemampuan berbicara di hadapan umum, nyatanya juga harus pintar-pintar menempatkan atau mengetahui gesture anggota tubuh yang tepat, karena ini sedikit banyak mempengaruhi kesan audiens terhadapnya.

Salah satu kendala yang sering ditemukan oleh presenter pemula, yaitu sering bingung menempatkan kedua tangan. Bagi yang belum terbiasa presentasi, ini adalah masalah yang cukup serius.

Gimana sih seharusnya kita menempatkan posisi tangan kita?

Tips dari kami posisikan tanganmu senyaman mungkin, ini terkadang lebih ke kebiasaan. Paling normal adalah menempatkan kedua tanganmu di samping badan. Selengkapnya bisa kamu baca : Cara Memposisikan Tangan Saat Berbicara Di Depan Umum

Catatan pentingnya adalah ada beberapa posisi tangan yang wajib kamu hindari semaksimal mungkin, apa itu?

1. Gerakan Tangan Menggaruk Kepala

Gerakan ini jika dilakukan akan menimbulkan kesan yang bervariasi, yang paling kuat adalah kamu keliatan ga pede. dan jika terlalu sering dilakukan, kamu bisa dikira belum mandi tuh haha… sering juga tangan digunakan untuk menyentuh hidung, mengucek mata, menyentuh telinga yang sebenarnya kamu tidak merasa gatal. sebisa mungkin hindari ya

2. Mengatupkan Kedua Telapak Tangan di Depan

Siapa yang sering kaya gini? posisi tangan ini biasa digunakan seseorang ketika sedang menyimak, bukan ketika berbicara, jadi usahakan hindari posisi ini saat kamu sedang menyampaikan materi. Hindari juga variasi gerakan lain yaitu menyimpan tangan di belakang, seperti posisi istirahat ditempat hehe..

3. Melipat Kedua Tangan di Depan

Gesture ini sering diartikan sedang dalam keadaan tidak nyaman dan jika terlalu sering digunakan akan menimbulkan kesan arogan.

4. Memasukkan tangan di saku celana.

Gerakan tangan iniĀ  membuat kamu dipersepsikan sebagai pribadi yang merasa dirinya lebih baik daripada yang lain dan cenderung tidak peduli terhadap sekitar.

5. Gaya sakit perut.

Gesture satu tangan disilangkan di perut, tangan yang lain tegak lurus dengan jari-jari meyentuh dagu atau bibir. dilansir david pranata, gaya ini juga harus dihindari karena kamu bisa terlihat tidak percaya diri.

Gerakan mana yang sering kamu gunakan? Terkadang gerakan ini memang tidak disadari, tapi memiliki kesan tersendiri bagi audiens. yuk sedikit demi sedikit hilangkan kebiasaan menggerakan tangan yang sudah dibahas diatas!