Ingin penampilan presentasi kamu berkesan dan mendapatkan banyak perhatian?

Buat Presentasi semaksimal mungkin, dan tampilkan presentasi Yang BEDA dan JANGAN B AJA.

Sesuatu yang unik biasanya akan lebih mudah menarik perhatian penonton.

Jadi gimana caranya buat presentasi yang beda dan ga B aja?

  1. Ga selalu harus mengucapkan selamat pagi saat membuka presentasi

Coba buka presentasi kamu dengan cara yang berbeda,

Mulai dengan pertanyaan

Tanyakan mengenai isu yang berhubungan dengan bidang audiens, atau pertanyaan random yang menimbulkan gelak tawa.

misalnya

“Siapa disini yang hadir karena ingin sekali melihat saya? tidak ada. Apakah semua yang hadir di utus oleh atasannya masing-masing?”

Mulai dengan bercerita

Ceritakanlah sebuah kisah yang akhir ceritanya tidak terduga, ini membuat perhatian audiens tertuju pada presenter.

Contoh,

Ada seorang anak laki-laki yang tinggal di pelosok, kisahnya disebut banyak orang cukup mengispirasi, maka akan coba saya ceritakan dengan singkat, anak itu tidak pernah punya mimpi untuk belajar di kota. tapi kemudian bertemu dengan beberepa pengajar yang bercerita tentang kesuksesan di kota. Anak itu pun ke kota, hampir terjerumus narkoba, tapi bangkit dan mulai sekolah, kuliah, bekerja, mengajar dan anak laki-laki itu saat ini berdiri di depan Anda semua. Perkenalkan saya…

Cara lainnya bisa kamu baca selengkapnya di artikel ini : Masih Aja Buka Presentasi dengan Sapaan “Selamat Pagi”?

  1. Sajikan slide yang keren!

Jika kamu pikir, menyampaikan materi secara verbal saja cukup, ada sebuah penelitian menyebutkan bahwa suatu yang disampaikan dengan bantuan visual ternyata lebih lama diingat oleh audiens.

Kalau kamu ingin audiens mengingat informasi yang kamu sampaikan, maka cobalah sajikan itu dalam visual juga. Buat slide presentasi, bisa berupa slide ppt ataupun video presentasi. Membuat video presentasi yang menarik membutuhkan keahlian tertentu, jika kamu mendapati kesulitan dalam prosesnya, jangan sungkan menghubungi professional seperti Tokopresentasi.com

  1. Siapkan Ice breaking

Ice breaking bisa dipahami sebagai sebuah selingan dalam presentasi atau seminar, selingan ini biasanya berupa permainan yang bisa mengembalikan suasana menjadi lebih hangat, meningkatkan perhatian audiens dan manfaat lain.

Contoh contoh ice breaking bisa kamu baca disini :

Ice breaking Tebak Gambar

Ice breaking “Pegang ini, Pegang itu”

Ice breaking kecil besar

Tentukan bentuk ice breaking, coba riset terlebih dahulu, sekiranya ice breaking mana yang cocok dengan audiens dan bisa kamu lakukan (tidak merepotkan)

Jangan lupa untuk berlatih terlebih dahulu, semangat!

  1. Isi Materi

Angkatlah sebuah topik yang unik, audiens akan cenderung memperhatikan jika informasi yang disampaikan terdengar “fresh atau baru”

Meskipun ternyata topik yang kamu bawakan termasuk topik yang umum, maka pemilihan kalimat menjadi hal yang harus diperhatikan.

  1. Tutup presentasi dengan menarik

Ga Perlu Bilang Maaf dan Terima Kasih Saat Menutup Presentasi

Kamu tidak sedang melakukan pertunjukan.

Kamu juga tidak membuat kesalahan.

Mengucapkan maaf dan menampilkan slide yang bertuliskan Terima Kasih / Thank you memang tidak ada salahnya, hanya saja terlihat kurang profesional.

Ada banyak cara menutup presentasi yang bisa membuat audiens terkesan.

Quote atau kalimat positif

Tampilkan sebuah kalimat atau kata bijak di akhir presentasi. Pastikan qoutes relevan dengan materi presentasi yang kamu sampaikan. Qoutes bisa berasal dari dirimu sendiri ataupun perkataan orang lain yang menginspirasi.

Profil Anda dan Kontak

Presenter umumnya menampilkan foto dan kontak yang bisa dihubungi di akhir slide. Ini cukup mudah untuk kamu tiru kan? Kamu bisa mencantumkan kontak pribadi, website, akun media sosial dan email

Cara lainnya bisa kamu baca dalam artikel ini : Ga Perlu Bilang Maaf dan Terima Kasih Saat Menutup Presentasi

Itu 5 rahasia untuk membuat presentasimu sempurna, share pengalaman kamu dengan kami di media social @tokopresentasi dan @soralearning